Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Manfaat Rosella Untuk Kesehatan Tubuh

Kingdom : Plantae

Divisio : Magnoliophyta

Kelas : Magnoliopsida

Ordo : Malvales

Family : Malvaceae

Genus : Hibiscus

Spesies : Hibiscus sabdariffa L.

    Rosella merupakan jenis tanaman tahunan yang bisa tumbuh mencapai ketinggian 0,5- 3 m. Batangnya berbentuk bulat berkayu berwarna merah. Daunnya merupakan daun tunggal, dengan bentuk bulat telur, pertulangan menjari, memiliki ujung yang tumpul, bagian tepi bergerigi serta pangkal berlekuk, dengan tangki daun bulat berwarna hijau memiliki panjang 4-7 cm . Panjang daun sekitar 6-15 cm dan lebarnya 5-8 cm.

Bunga rosella disebut sebagai bunga duduk karena ukuran tangkainya yang pendek, memiliki panjang 1-2 cm, beruas, bunga terdapat di ketiak daun. Kelopak bunga rosella mengandung vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk dan mangga, yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia terhadap serangan penyakit. Zat warna alami yang terdapat pada kelopak bunga rosella akan menyatu dengan air dan akan memberikan warna merah terang yang sangat menarik sebagai bahan minuman fungsional sumber vitamin C. 

Manfaat rosella untuk kesehatan sudah banyak diteliti dan kerap diolah menjadi teh atau suplemen. Selain itu, tanaman yang dikenal dengan nama latin Hibiscus sabdariffa L. ini juga dapat diolah sebagai bahan tambahan untuk membuat makanan.

Penggunaan rosella sebagai tanaman obat-obatan herbal sudah dilakukan sejak lama. Bunga rosella mengandung antioksidan yang tinggi dapat diguanakan untuk meminimalisir dampak dari penyakit penyakit lever dan tekanan darah tinggi. Dalam pengobatan tradisional, kelopak bunga dan daun rosella biasa diolah menjadi teh yang diminum sebagai obat herbal untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti batuk, pilek, masalah pencernaan, dan tekanan darah tinggi. 

Manfaat Rosella Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat rosella diperoleh dari berbagai kandungan senyawa kimia alami yang terdapat di dalamnya seperti fenol, alkaloid, tanin, flavonoid, saponin, asam organik, dan vitamin C. Senyawa-senyawa tersebut berperan aktif sebagai antioksidan, antibakteri, dan antiradang yang dapat memberikan bebagai manfaat seperti :

1. Mencegah Kenaikan Berat Badan yang Berlebihan

rosella memiliki kandungan flavonoid dan polifenol yang mampu melilis penumpukan lemak dalam tubuh dan mencegah kenaikan berat badan berlebih atau obesitas. Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian dari sejumlah literatur. Namun, manfaat dari rosella juga perlu diimbangi dengan berolahraga secara rutin dan mengatur pola makan sehat.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat selanjutnya yaitu kandungan Asam klorogenik, antosianin, dan asam hibiscus dalam sebuah studi yang dilakukan oleh American Heart Association menunjukkan bahwa kelopak bunga rosella dipercaya memiliki sifat anti-hipertensi yang dapat menurunkan tekanan darah. Meskipun begitu, manfaat rosella dalam menurunkan tekanan darah masih perlu diteliti lebih lanjut, karena studi yang telah dilakukan hanya sebatas studi klinis.

3. Mencegah Berbagai Penyakit Infeksi Bakteri

Manfaat berikutnya yaitu sifat antibakteri yang dimiliki oleh rosella yang berasal dari kandungan senyawa fenol dan asam askorbat. Kandungan ini mampu melawan infeksi bakteri Escherichia coli yang menjadi penyebab penyakit diare.

4. Mengatasi Edema Akibat Peradangan (Anti-radang)

Rosella diklaim dapat meminimalisir pembengkakan karena adanya kandungan metanol yang bersifat antiradang.Edema adalah suatu pembengkakan yang terjadi pada jaringan tubuh dan berisi cairan yang biasanya disebabkan oleh peradangan diakibatkan oleh alergi, cedera, maupun infeksi. Sejauh ini, penelitian mengenai efektivitas rosella dalam mengatasi edema masih dilakukan hanya pada hewan, sehingga masih diperlukan studi lebih lanjut.

5. Melawan Pertumbuhan Sel Kanker

Rosella dipercaya bermanfaat dalam menghambat pertumbuhan sel kanker. Sebuah studi yang dilakukan oleh Departemen dan Institut Biokimia di Chung Shan Medical and Dental College, Taiwan mengemukakan bahwa senyawa asam protocatechuic yang memiliki sifat antitumor dan antioksidan dapat menekankan pertumbuhan sel kanker dengan menginduksi apoptosis, umumnya dikenal sebagai kematian sel terprogram. Senyawa- senyawa tersebut merupakan beberapa senyawa yang terkandung dalam kelopak bunga rosella.

6.  Memiliki Sifat Antidepresan dan Meredakan Nyeri Haid

Teh rosella mengandung senyawa flavonoid yang berfungsi sebagai antidepresan yang dapat membantu menenangkan sistem saraf, membantu mengurangi kecemasan serta depresi dengan merileksasi tubuh dan pikiran. Selain memulihkan keseimbangan hormonal, mengkonsumsi teh herbal rosella juga dapat membantu meredakan kram dan nyeri akibat haid.

7. Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Bunga rosella merah mengandung kalsium yang tinggi sehinggga dapat membantu memperkuat serta menjaga kesehatan gigi dan gusi.

Cara Mengolah Rosella

Bagian tanaman rosella yang sering dimanfaatkan untuk dijadikan olahan teh herbal adalah kelopak bunganya, karena pada bagian ini terdapat kandungan senyawa kimia yang memiliki berbagai manfaat penting, salah satunya antosianin yang berfungsi sebagai antioksidan. Untuk mengolahnya menjadi teh herbal, Anda dapat melakukannya dengan beberapa cara antara lain :
  • Keringkan bunga rosella yang telah siap dipanen.
  • Rebus air lalu masukan bunga rosella yang telah dikeringkan hingga mendidih. 
  • Air rebusan akan berubah warna menjadi merah
  • Setelah mendidih teh bunga rosella dapat di minum setelah dingin.
  • Teh ini juga dapat dinikmati dengan menggunakan es.

Selain itu bunga rosella juga dapat dijadikan berbagai olahan makanan lain seperti selai, kue, es cream dll, serta dapat diolah menjadi bahan nonpangan, seperti masker wajah dan losion yang bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Meski memiliki beragam manfaat, rosella masih perlu diteliti lebih lanjut dan sebelum mengonsumsi untuk dijadikan olahan obat hebal sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar terhindar dari efek samping seperti alergi dll. Apabila anda ingin mengonsumsi produk olahan rosella yang telah tersedia dipasaran maka, pastikan produk yang anda beli sudah terdaftar di BPOM.

Posting Komentar untuk "Manfaat Rosella Untuk Kesehatan Tubuh"