Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Klasifikasi, Identifikasi dan Manfaat Bunga Telang Untuk Kesehatan

Bunga telang ( Clitoria ternatea .L.) merupakan tumbuhan merambat yang biasa di jadikan tanaman hias dapat ditemukan di pekarangan rumah atau tepi hutan. Tumbuhan ini termasuk dalam Kelas Dicotyledoneae ( tumuhan berkeping dua/ dikotil) dan anggota suku polong - polongan yang berasal dari Asia tropis, namun sekarang telah menyebar ke seluruh daerah tropika.  Bunga ini memiliki nama yang beraneka ragam pada setiap daerah, di daerah Jawa disebut kembang teleng, menteleng, Untuk daerah Sumatera disebut bunga biru, bunga kelentit, bunga telang, di Sulawesi dinamakan bunga talang, bunga temen raleng, dan di Maluku disebut bisi atau seyamagulele. 

Adapun taksonomi dari bunga telang adalah :

Kingdom : Plantae

Divisi : Tracheophyta

Infrodivisi : Angiospermae

Kelas : Mangnoliopsida

Ordo : Fabales

Familia : Fabacea

Genus : Clitoria L

Spesies : Clitoria ternatea                                                          



Selain dianggap sebagai tanaman hias, bunga telang dikenal secara tradisional sebagai obat untuk mata dan sebagai pewarna makanan yang memberikan warna biru. Bunga telang memiliki kandungan fitokimia yang bermanfaat seperti tanin, flobatanin, karbohidrat, 
flavanol glikosida, saponin, triterpenoid, protein, fenolmfavanoid, alkaloid, antisianin, stigmasit 4-ena-3,6 dion, minyak volatil dan steroid. Komposisi asam lemak meliputi asam palmitat ,linolenat, stearat  dan oleat lonoleat,. Pada bagian biji bunga telang juga terdapat kandungan asam sinamat, finotin dan beta sitosterol. 

Berdasarkan kandungan fitokimia tersebut bunga telang memiliki bahan aktif yang baik dan sangat bermanfaat untuk digunakan dalam bidang farmakologi seperti : 

1. Kaya Antioksidan

Bunga telang kaya akan antosianin yaitu delphinidin, yang membuat bunga telang berwarna biru keunguan. Antosianin adalah kelompok antioksidan yang memberikan efek menguntungkan dalam meminimalisir penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, dan jenis kanker tertentu.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Bunga telang juga memiliki manfaat dapat membantu menurunkan tekanan darah. Bunga telang dapat diminum dengan  memasukkan bunga ke dalam air putih lalu diaduk sehingga warna air berubah menjadi biru dan air dapat diminum. Seseorang dengan tekanan darah tinggi (hipertensi) bisa mengkonsumsi teh ini untuk meningkatkan kesegaran tubuh.

3. Menunjang Kesehatan Kulit

Bunga telang dapat menekankan dehidrasi dan meningkatkan hidrasi pada kulit hingga mencapai 70 persen. Selain meningkatkan hidrasi kulit, bunga telah juga dapat melembabkan kulit, memperlambat proses penuaan dini dan memperbaiki warna serta tekstur kulit.

4. Meningkatkan Kesehatan Rambut

Bunga telang dapat merawat kesehatan folikel pada rambut. Hal ini bermanfaat untuk menutrisi rambut agar lebih sehat, meningkatkan pertumbuhan rambut, mengurangi rambut rontok, dan memperlambat tumbuhnya uban.

5. Menjaga Kesehatan Otak

Dengan mengkonsumsi teh bunga telang secara teratur dapat meningkatkan kadar zat kimia otak yang disebut dengan istilah asetilkolin yang berfungsi sebagai zat pemancar impuls saraf di dalam sistem saraf atau sebagai perangsang saraf. Meningkatkan zat kimia tersebut dapat menurunkan risiko kehilangan memori yang terkait dengan penambahan usia.

6. Menurunkan Berat Badan

Bunga telang membantu menurunkan berat badan dengan mengatur jalur yang terlibat dalam perkembangan sel, pada prosesnya berlangsung dengan memblokir sintesis sel lemak di dalam tubuh.

7. Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat lainnya dari bunga telang adalah dapat menurunkan kadar gula dalam tubuh. Ini terjadi berkat kandungan antioksidan yang dapat membantu melindungi sel dalam tubuh dari efek samping radikal bebas secara terus menerus dan berperan dalam meningkatkan kinerja insulin dalam mengendalikan penyerapan glukosa dalam darah.


Itulah beberapa manfaat bunga telang untuk kesehatan tubuh, kamu yang tidak memiliki alergi terhadap makanan dan minuman tertentu, dapat mengonsumsinya. Namun, apabila kamu memiliki alergi pada suatu bahan tertentu maka dianjurkan untuk bertanya kepada  dokter terlebih. Hal ini dilakukan untuk menurunkan risiko reaksi alergi setelah penggunaan.

Posting Komentar untuk "Klasifikasi, Identifikasi dan Manfaat Bunga Telang Untuk Kesehatan"