Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Agar Berhasil ?

    Halo sobat selcerdas, Bagi kamu yang ingin memulai suatu bisnis, kali ini kita akan membahas bagaimana sih cara memulai bisnis agar tetap stabil, bahkan mengalami peningkatan profit dalam setiap bulan/ kuartal. dan bagaimana menjaga agar mental tetap kuat dan konsisten dalam memulai ataupun menjalankan bisnis serta melewati fase kritis bisnis.
    Sebelum memulai suatu bisnis ada  baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu bisnis, tujuan, fungsi serta skala bisnis yang akan di bangun.

Sumber : iStocks

Bagaimana Cara Memulai Suatu Bisnis ?

Berikut merupakan beberapa tips dan trik dalam memulai dan menjalankan bisnis :

1. Memiliki Visi dan Konsep yang Jelas (Fondasi yang Kuat)

    Sebelum terjun dan memulai bisnis secara langsung hal utama yang harus  dilakukan adalah mempersiapkan diri atas segala kemungkinan baik atau buruk dengan penuh pertimbangan. Setelah mempertimbangkan berbagai kemungkinan langkah selanjutnya adalah perlunya menentukan produk atau jasa apa yang ingin dijual kepada pelanggan/ konsumen.

2. Fokus pada Visi dan Konsep Bisnis

    Setelah mendapatkan ide untuk memulai jenis bisnis yang seperti apa, maka hal yang perlu dilakukan adalah memantapkan visi dan ide bisnis tersebut dengan konsep yang jelas, mulai dari pecarian pemasok bahan baku (supplier), proses pengolahan, serta pendistribusian produk/ target pasar yang jelas.

3. Menghitung Modal

    Pada dasarnya banyak sekali orang yang ingin membangun bisnis, tetapi menanggap jika ingin memulai bisnis kita harus memiliki modal yang sangat besar, sehingga kerap kali menjadi hambatan yang menimbulkan ketakutan, membatasi kerangka berfikir kita, dan  pada akhirnya menyerah akan impiannya memiliki sebuah usaha. 

    Namun nyatanya tidak semua bisnis membutuhkan modal yang sangat besar. kita dapat mulai merakai mimpi dengan membangun usaha kecil dengan modal yang minim. kita dapat mencatat list alat dan bahan yang perlu di beli untuk menunjang produksi barang yang benar - benar diperlukan dan menggunakan alat rumah tangga yang tersedia di rumah untuk sementara sembari menunggu perputaran modal dan perkembangan bisnis apabila jenis bisnis dalam bidang kuliner. usahakan untuk uang pegangan adalaha minimal 3 sampai 6 kali dari total jumlah modal. Hal ini diperlukan untuk menjadi backup apabila terjadi hal -hal yang tidak diinginkan.

    Perhitungan arus kas omset harus jelas baik itu mencakup laba kotor dan laba bersih. Kesesuaian target pasar dengan harga bahan baku, biaya proses pengolahan, upah pekerja, dan selisih keuntungan akan menentukan keberlangsungan serta berkembangnya suatu bisnis. Maka dari itu sebelum membangun sebuah bisnis pastikan jenis bisnis yang dibangun sesuai atau tidak dengan kebutuhan konsumen dan target pasar.

 
4. Kualitas Barang/ Jasa dan di Compare dengan Harga

    Untuk memulai suatu usaha kita sebagai pelaku usaha harus melakukan yang terbaik untuk memberikan kepuasan dan kenyamanan kepada konsumen baik itu karena pelayanan ataupun kualitas dari produk. Hal yang sangat sering terjadi yaitu konsumen akan kembali ketika mendapatkan kenyamanan/ kepuasan baik dari segi kesesuaian produk dengan harga, Maka dari itu usahakan bangun citra yang baik serta konsisten dalam mempertahankan kualitas produk, karena dengan itu bisa jadi konsumen akan merekomendasikan produk kita secara sukarela sehingga mengurangi biaya marketing dan mempermudah kita dalam melakukan promosi taanpa perlu mebayarnya.  

5. Berani Mulai Membuka Bisnis (Action Plan)

    Seorang pendaki sampai pada puncak gunung karena ia terus mendaki. Mungkin ada saat ia merasa lelah dan berhenti sejenak, tapi ia akan melanjutkan pendakiannya walaupun jalan yang dituju terjal, karena ia sadar akan ada pemandangan indah yang menunggunya ketika ia mencapai puncak gunung. Sama seperti seorang pemimpi, hanya akan menjadi mimpi dan tidak akan menjadi kenyataan apabila kita tidak bangun untuk melakukan apa yang diimpikan.

    Memulai usaha juga sama seperti kalimat di atas,. Ia hanya akan menjadi angan apabila tidak segara direalisasikan.

6. Marketing, Branding, and Service

    Marketing, branding, dan service merupakan langkah penentu dalam suatu bisnis, karena semakin menarik dan unik produk dikemas untuk diperkenalkan, maka kemungkinan untuk berkembang akan lebih besar apabila mendapat respon positif dari masyarakat.

7. Belajar dari Kegagalan

    Dalam melakukan bisnis tidak dapat dipungkiri bahwa akan ada masa kritis atau fase dimana bisnis yang baru di bangun ternyata tidak mendapat keuntungan (nyaris bangkrut) atau sudah tidak dilirik oleh pasar karena perkembangan zaman seperti beberapa merek hp yang sudah punah karena perkembangan zaman dan produk tidak dapat mengikutinya sehingga hanya tinggal kenangan.

    Hal- hal seperti ini dapat dihindari apabila kita selalu rutin mencatat/ mengamati perkembangan bisnis yang kita miliki, jika mengalami penurunan omset maka harus segera mengambil tindakan analitis untuk mencari alasan penurunan dan menemukan jalan keluar dari permasalahan tersebut untuk mencegah agar usaha tidak bangrut.

8. Bangun Relasi

    Dalam menjalankan bisnis relasi dapat menjadi pendukung yang sangat penting untuk dimiliki oleh seetiap pebisnis untuk mengembangkan usahanya, baik sebagai konsumen, supplier, ataupun pemodal/ pemegang saham. 

Sumber : iStocks

9. Disiplin dan Konsisten dalam Menjaga Kualitas Barang/ Jasa

    Disiplin terhadap waktu serta konsisten dalam menjaga kualitas barang atau jasa akan sangat menguntungkan untuk mengembangkan usaha, karena ketika brand kita sudah dikenal baik maka konsumen akan selalu mengunakan/ mengkonsumsi produk yang kita tawarkan karena sudah terdapat unsur kepercayaan, kenyamanan, dan kesesuaian kualitas barang atau jasa dengan menerapkan standar ini di dalam berbisnis.

10. Manajemen Keuangan Dengan Baik

    Hal terakhir yang harus diperhatikan dengan cermat adalah manajemen keuangan bisnis. Omset serta laba harus jelas dan tidak tercampur aduk antara gaji pekerja, pemilik modal, serta untuk keperluan pribadi agar binsis dapat dikembangkan dari modal yang secukupnya.



catatan penulis ; "Kesuksesan adalah milik setiap orang. Kesuksesan bukan hanya tentang seberapa banyak uang dan seberapa tinggi jabatan yang kamu miliki, akan tetapi kesuksesan adalah tentang kebahagiaan. Seberapa bahagianya dirimu karena memiliki hidup yang aman, nyaman, mampu meraih impian dan dapat mengerjakan apa yang diinginkan/ sukai ." 

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Memulai Bisnis Agar Berhasil ?"