Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mengetahui Manfaat Go Public Bagi Perusahaan

Mengetahui Manfaat Go Public Bagi Perusahaan

Sudah umum bagi kita mendengar istilah "go public" atau yang lebih dikenal sebagai "Initial Public Offering" (IPO). 

Sesuai dengan namanya, go public adalah ketika perusahaan tertutup berkesempatan untuk menjadi perusahaan terbuka.

Artinya, perusahaan tersebut dapat menawarkan dan menjual sahamnya kepada publik, sehingga masyarakat dapat memiliki bagian dari perusahaan dengan berinvestasi.

Hingga tahun 2023, hampir 880 perusahaan telah melakukan go public, menunjukkan bahwa ada beberapa manfaat ketika perusahaan memilih untuk go public, antara lain:

1. Meningkatkan Nilai Perusahaan

Perusahaan publik yang sahamnya diperdagangkan di bursa dapat memiliki valuasi terhadap nilai perusahaannya. 

Kinerja operasional dan keuangan perusahaan memiliki dampak pada harga saham di bursa, yang pada gilirannya memengaruhi nilai perusahaan.

2. Meningkatkan Citra Perusahaan

Status terbuka membuat perusahaan harus lebih transparan dalam menyampaikan informasi. Hal ini meningkatkan citra perusahaan karena mengenalkan produknya secara lebih luas, menarik pelanggan baru, dan menciptakan kepercayaan dari pihak luar.

3. Pendanaan dari Penjualan Saham

Perusahaan go public dapat mendapatkan dana tambahan dari penjualan saham. Dana ini dapat digunakan untuk pertumbuhan perusahaan, membayar utang, akuisisi, atau investasi kembali dalam bisnis.

4. Meningkatkan Kelangsungan Usaha

Perusahaan terbuka memiliki lebih banyak peluang untuk menjaga kelangsungan bisnisnya. Keterbukaan yang lebih besar membuka pintu bagi peluang publikasi yang lebih luas, mendukung kemampuan perusahaan untuk bertahan dalam persaingan.

Dengan menjadi perusahaan terbuka, perusahaan dapat memanfaatkan keunggulan kompetitif yang lebih besar, mendukung kelangsungan bisnis, dan mencapai pertumbuhan yang lebih baik. 

Jadi, sekarang kamu tahu mengapa perusahaan memilih untuk go public. Ingin belajar lebih lanjut tentang investasi? follow selcerdas

Posting Komentar untuk "Mengetahui Manfaat Go Public Bagi Perusahaan"