Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

10 Jenis Investasi Populer Yang Wajib Kamu Ketahui

Pada saat ini sedang marak - maraknya orang ingin berinvestasi untuk melindungi uang yang dimiliki dari inflasi serta meningkatkan kekayaan dimasa mendatang. Sebelum menginvestasikan uang, ada baiknya kita mengetahui dan melakukan riset mendalam mengenai investasi yang akan dilakukan, baik itu tujuan, jenis - jenis investasi, alasan mengapa harus berinvestasi, bagaimana cara berinvestasi, dan keuntungan apa yang di dapatkan.


Berikut merupakan 10 jenis Investasi populer yang wajib kamu ketahui ;

1. Investasi Diri

Investasi diri sendiri adalah modal utama seseorang untuk meningkatkan kualitas, kemampuan/ skill serta  wawasan, meperbaiki karakter dan memiliki mindset yang lebih maju. Hal tersebut yang menjadikan investasi kepada diri sendiri menjadi hal yang paling penting, karena seiring dengan meningkatnya skill dan wawasan maka nilai diri juga akan meningkat baik itu di bidang pendidikan ataupun profesional.

2. Investasi Valuta Asing (Valas)

Investasi Valuta Asing adalah investasi penanaman modal dengan menggunakan mata uang asing seperti USD, EUR, JPY dan lainnya, sebagai instrumen investasi guna meraih keuntungan pada periode tertentu karena diyakini stabil dan dapat mengurangi tekanan inflasi yang akan terjadi. Investasi ini disebut juga sebagai investasi Forex. 

3. Investasi Properti

Investasi Properti adalah investasi berbentuk barang dengan tampilan fisik yang terlihat/ nyata yaitu ; tanah, bangunan rumah, apartemen, dll. Investasi properti merupakan investasi yang paling stabil dan minim resiko karena kita dapat melihat bentuk fisik investasi secara langsung dan memiliki kekuatan hukum yang jelas karena melibatkan instansi lembaga hukum dalam setiap proses pengurusan pemindahan hak milik atas properti yang dimiliki. Adapun resiko kerugian lain berupa kerusakan karena bencana alam dan perlunya perawatan properti.

4. Investasi Pemodalan Usaha (Sistem Bagi Hasil)

Investasi Pemodalan Usaha adalah investasi yang dilakukan dengan  memberi modal kepada kerabat atau rekan yang dipercaya untuk mengelolah usaha dengan sistem bagi hasil dari keuntungan yang didapatkan. umumnya pemodalan usaha hampir sama dengan sistem saham, karena hasil dari keuntungan dibagi berdasarkan kesepakatan, yang membedakan hanya saja untuk sistem pembagian modal investor memberi modal pada usaha yang masih kecil atau menengah seperti UKM atau UMKM.

5. Investasi Emas

Investasi Emas merupakan jenis investasi yang pada dassarnya banyak dilakukan oleh mayoritas masyarakat Indonesia baik kaya ataupun sejahtera, karena selain dapat menekan inflasi, menjadi tabungan dan cendrung mengalami kenaikan emas juga dapat digunakan sebagai perhiasan untuk memperindah diri dan menampilkan kesan elegan bagi setiap wanita yang menggunakannya Maka dari itu tak heran apabila investasi berupa emas sangat menarik bagi masyarakat khususnya wanita.

6. Investasi Deposit

Deposito adalah suatu jenis investasi berjangka yang lumayan banyak digemari karena selain aman juga prosesnya tidak rumit. Deposito merupakan investasi yang dilakukan di bank hampir sama dengan menabung, letak perbedaannya hanya waktu pengambilan. Jika tabungan bebas kita tarik/ ambil kapan saja, maka deposito menggunakan tenor (jangka waktu) yang telah disepakati bersama baik itu 1, 3 ,6 bulan ataupun lebih, dengan jaminan keuntungan berupa bunga berdasarkan jumlah deposito. 

7. Investasi Saham

Investasi berupa saham adalah jenis investasi potensial, namun memiliki resiko yang cukup tinggi dan proses pembeliannya cukup rumit karena secara teknis kita membeli sebagian kepemilikan suatu perusahaan di bursa saham, lalu kita akan mendapatkan beberapa persen saham dari perusahaan tersebut berdasarkan harga dan jumlah pembeliannya. Keuntungan investasi saham tidak menentu dapat menjadi nilai yang fnatastic atau mengalami kerugian, berbeda dengan deposito , emas tembaga dll yang relatif stabil. Salah satu penyebab ketidak stabilan saham dipengaruhi oleh perkembangan atau kemerosotan perusahaan tempat beinvestasi . Maka dari itu sebelum berinvestasi saham perlunya analisis mengenai perkembangan perusahaan besreta analisis prospek perusahaan kedepannya apakah akan berjalan dengan lancar atau tidak.

8. Investasi Obligasi

Investasi obligasi adalah suatu jenis investasi yang hampir sama dengan saham dengan pembeda jika keuntungan yang di dapat dengan investasi saham tidak stabil, maka berbeda dengan keuntungan  investasi obligasi yang stabil dan lebih tinggi dibandingkan dengan keuntungan deposit serta cocok untuk investasi jangka pendek maupun panjang.

Menurut KBBI obligasi adalah surat hutang atau peminjaman berjangka dengan suku bunga tertentu baik itu dari instansi pemerintah atupun perusahaan swasta untuk mendapatkan dana investasi dari pemilik modal/ investor guna menutup dan menambah pembiayaan suatu proyek serta dapat diperjual belikan.

9. Investasi  Reksadana

Investasi reksadana adalah investasi yang menghimpun dana dari sejumlah investor dan dikumpulkan menjadi satu kemudian di investasikan pada investasi pasar modal. Bagi investor pemula dengan modal yang masih terbatas investasi ini merupakan investasi yang cocok karena investasi ini minim resiko karena dikelola oleh manajer investasi yang bertugas dalam mengelola dana para investor untuk dialokasikan ke instrumen investasi saham, obligasi dan instrumen lainnya sehingga mendatangkan keuntungan (retur),

10. Investasi Cryptocurrency

Investasi Cryptocurrency adalah investasi mata uang digital yang berfungsi sebagai nilai pertukaran/ transaksi jual beli koin kriptografi dan hanya berlaku di market digital serta memiliki resiko yang tinggi, karena fluktuasi harga market koinnya termasuk cepat mengalami kenaikan atau penurunan. Investasi ini hampir sama dengan investasi valas, yang menjadi pembeda adalah valas merupakan mata uang asing yang nilai nya kuat dan  diperkirakan akan naik dibanding mata uang lain serta untuk mengurangi resiko terkena dampak inflasi dan termasuk investasi yang minim resiko. 


Catatan Penulis ;" Kerjakanlah hal yang kamu sukai, berinvestailah dan buat uangmu bekerja untukmu sembari kamu menikmati harimu."

Posting Komentar untuk "10 Jenis Investasi Populer Yang Wajib Kamu Ketahui"